Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul 17 Tewas Akibat Gempa Cianjur, BNPB Sediakan Helikopter di Lokasi Bencana
Tanggal 21 Nopember 2022
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi VIII
Isi Artikel

Gempa merusak bangunan sekolah di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Gempa berkekuatan M 5,6 ini adalah gempa dangkal yang berpusat di darat. DOKUMENTASI BNPB

Gempa merusak bangunan sekolah di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Gempa berkekuatan M 5,6 ini adalah gempa dangkal yang berpusat di darat.

CIANJUR, KOMPAS-Sedikitnya 17 tewas akibat gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Selain itu, 343 rumah rusak berat, satu unit pondok pesantren rusak berat, dan RSUD Cianjur mengalami rusak sedang.

“Kami terus mendata jumlah korban. Di Cianjur, sementara 17 meninggal dunia dan 19 luka-luka cukup berat,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto, Senin (21/11) dalam siaran pers yang diterima Kompas, pukul 16.15.

Selain pendataan, dia menjamin bakal mempermudah penanganan darurat bencana. "BNPB akan menempatkan satu helikopter untuk mempermudah penanganan darurat bencana, evakuasi dan pendistribusian logistik ke lokasi-lokasi terisolir," tuturnya.

Baca juga : Pascagempa, Warga Cianjur Pilih di Sawah Ketimbang Masuk Rumah

Dampak gempa bumi di Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Gempa merusak sejumlah infrastruktur di berbagai titik di Cianjur.DOKUMENTASI LUTFI ARDHIAN

Dampak gempa bumi di Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Gempa merusak sejumlah infrastruktur di berbagai titik di Cianjur.

Berdasarkan pendataan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa merusak 343 rumah, satu pondok pesantren, dan RSUD Cianjur. Selain itu, ada empat unit gedung pemerintah, tiga fasilitas pendidikan, satu sarana ibadah, serta jalan terputus akibat longsor.

“Besok pagi saya akan ke lokasi, untuk melaksanakan pendampingan terhadap langkah-langkah penanganan gempa di Cianjur, selain itu untuk memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak” lanjutnya.

Salah satu sekolah di Cianjur yang terdampak gempa pada Senin (21/11/2022). Selain sekolah, RSUD, markas polres, hingga gedung DPRD Cianjur juga rusak terdampak gempa. DOKUMENTASI BNPB

Salah satu sekolah di Cianjur yang terdampak gempa pada Senin (21/11/2022). Selain sekolah, RSUD, markas polres, hingga gedung DPRD Cianjur juga rusak terdampak gempa.

Sebelumnya, Kantor SAR Bandung juga memberangkatkan satu tim rescue dan satu tim Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan ke Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

“Selain Tim Rescue Kantor SAR Bandung, tim diperkuat dari personel Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang dan Kantor SAR Cilacap,” kata Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril.

Baca juga : Tim SAR dari Berbagai Daerah Turun Bantu Warga Cianjur

  Kembali ke sebelumnya