Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Layani Penerbangan Haji 2023, Sarana Pendukung Bandara Kertajati Dibenahi
Tanggal 07 Februari 2023
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci Legislasi
AKD - Komisi VIII
Isi Artikel

CIREBON, KOMPAS – Bandara Internasional Jabar Kertajati di Kabupaten Majalengka bakal melayani penerbangan haji tahun 2023. Sejumlah sarana pendukung masih terus dibenahi.

”Saya sudah rapat dengan Dirjen (Direktur Jenderal Penyelenggaraan) Haji (dan Umrah Kementerian Agama). Intinya,insya Allah musim haji kita berangkat dari (Bandara) Kertajati,” ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat kunjungan kerja di Kota Cirebon, Selasa (7/2/2023).

 

Namun, ia mengakui, masih ada sejumlah kekurangan sarana pendukung. ”Ini sedang diperbaiki. Misalnya, akses dari sebuah titik ke bandara belum diaspal. Ada fasilitas di Asrama Haji Indramayu belum beres dindingnya. Ini hal-hal kecil yang bukan fundamental,” ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Berbagai kendala itu, menurut dia, dalam tahap penyelesaian. Namun, warga Jabar bisa berangkat haji melalui Bandara Kertajati. Apalagi, sejak November lalu, bandara itu telah melayani dua kali penerbangan umrah menuju Arab Saudi.

Baca juga: Bandara Kertajati Kembali Layani Penerbangan Umrah

Calon jemaah umrah menunggu keberangkatan di Terminal Bandara Internasional Jabar Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (20/11/2022). KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Calon jemaah umrah menunggu keberangkatan di Terminal Bandara Internasional Jabar Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (20/11/2022).

”Cuma, frekuensi (penerbangannya) belum sebanyak yang diharapkan. Sekarang menunggu Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) beres, maka penerbangannya akan semakin banyak,” ujarnya. Menurut rencana, tol yang menghubungkan Bandung dan Cirebon itu tuntas bulan depan.

Vice President of Corporate PT Bandara Internasional Jabar Dian Nurrahman mengatakan, bandara telah siap 100 persen menyambut calon jemaah haji. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan General Authority of Civil Aviation (GACA) atau otoritas penerbangan sipil Arab Saudi.

Petugas imigrasi memeriksa dokumen calon jemaah umrah di Bandara Internasional Jabar Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (20/11/2022). Setelah dua tahun vakum, Bandara Kertajati kembali melayani penerbangan umrah. Calon jemaah dari wilayah Cirebon dan sekitarnya itu pun menyambut baik penerbangan umrah.KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Petugas imigrasi memeriksa dokumen calon jemaah umrah di Bandara Internasional Jabar Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (20/11/2022). Setelah dua tahun vakum, Bandara Kertajati kembali melayani penerbangan umrah. Calon jemaah dari wilayah Cirebon dan sekitarnya itu pun menyambut baik penerbangan umrah.

”Enggak ada kendala. Fasilitas di sini sudah oke. Mereka (GACA) meminta ruangan penyimpanan air zamzam, kami sudah siapkan,” ungkap Dian. Bandara dengan terminal seluas 96.000 meter persegi itu juga telah memiliki lounge khusus bagi calon jemaah umrah dan haji.

Area parkir di Kertajati mampu menampung empat pesawat berbadan besar dan 18 pesawat ukuran kecil. Bagi pengunjung, area parkir tersedia untuk 600 kendaraan.

”Kapasitas ini cukup untuk penerbangan domestik dan haji. Kertajati masih lengang,” kata Dian.

Baca juga: Menhub Dorong Peningkatan Kerja Sama di Sektor Penerbangan

 

Pihaknya masih menunggu jadwal pemberangkatan haji dan jumlah calon jemaah yang akan terbang dari Bandara Kertajati. Namun, menurut data Kementerian Agama, diperkirakan ada 7.690 calon jemaah dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan yang akan menggunakan Kertajati.

Bandara Kertajati mampu melayani penerbangan haji selama 30 hari untuk 20 kloter calon jemaah. Pemberangkatan haji dipastikan tidak terganggu dengan penerbangan domestik.

”Ini akan mengurangi beban penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” ucapnya.

Sebanyak 45 calon jemaah umrah antre untuk pemeriksaan dokumen di Bandara Internasional Jabar Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (20/11/2022). Mereka berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan sekitarnya.KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Sebanyak 45 calon jemaah umrah antre untuk pemeriksaan dokumen di Bandara Internasional Jabar Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (20/11/2022). Mereka berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan sekitarnya.

  Kembali ke sebelumnya