Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul 11 Tol Fungsional Dibuka Gratis untuk Mudik Lebaran 2023
Tanggal 04 April 2023
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi V
Isi Artikel

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membuka 11 jalan tol fungsional secara gratis untuk memudahkan arus mudik 2023. Seluruh jalur tersebut ditargetkan beroperasi H-7 Lebaran 2023.

Oleh MIS FRANSISKA DEWI

JAKARTA, KOMPAS — Sebanyak 123 juta penduduk Indonesia diprediksi akan bergerak selama Lebaran 2023. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membuka 11 jalan tol fungsional untuk memudahkan arus mudik 2023 secara gratis. Seluruh jalur tersebut ditargetkan beroperasi H-7 Lebaran 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa (4/3/2023), mengungkapkan, 11 tol fungsional yang akan dibuka untuk mendukung mudik Lebaran 2023. Tol tersebut akan beroperasi pada 15 April 2023 dan dibuka secara gratis.

Salah satu tol legendaris Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan tembus Cileunyi-Cipali yang sudah beroperasi seksi 4 dan seksi 6 Cimalaka-Dawuan sepanjang 28,2 kilometer (km).

”Jadi sudah tembus dari Bandung ke Cirebon, mudah-mudahan sangat membantu tugas korlantas untuk bisa mengatur lalu lintas mudik yang ke Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ujar Basuki.

Untuk Tol Cisumdawu, kata Basuki, pemakaiannya tergantung rekayasa kebijakan Korps Lalu Lintas Kepolisian untuk membuka tutup jalan tol atau contra flow. Jalan tol dapat dibuka satu arah saat arus mudik ataupun arus balik dari Bandung ke Cirebon.

Kemudian, Basuki mengatakan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1.1 juga akan dibuka secara fungsional sepanjang 6 kilometer. Meski jalurnya pendek, Basuki mengatakan rute tersebut dapat melewati lima traffic light.

Adapun 11 tol tersebut di antaranya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan, Tol Cibitung-Cilincing seksi Taruma Jaya-Cilincing, Tol Ciawi-Sukabumi seksi 2 Cigombong-Cibadak, Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2A Jatikarya-Cikeas, Tol Pasuruan Probolinggo, Tol Solo-Yogyakarta, NYIA Kulon Progo, dan Tol Jakarta Cikampek II Selatan.

Basuki memastikan kondisi kemantapan jalan tol di lintas Jawa sudah membaik. Lalu lintas utara Jawa sepanjang 1.229 km kondisi kemantapannya 92 persen. Lalu lintas tengah Jawa sepanjang 1.997 km kemantapannya mencapai 95 persen, lintas Selatan Jawa sepanjang 888 kilometer kemantapannya 97 persen, dan pantai selatan Jawa sepanjang 1.543 kilometer kondisi kemantapannya mencapai 93 persen.

Selain itu, Basuki menyebutkan, masih ada beberapa ruas jalan yang rusak seperti di Kudus, Jawa Tengah, yang terkena banjir. ”Sepanjang 2 km sedang kami rigid, akan segera selesai sehingga bisa dimanfaatkan,” ucap Basuki. .

Beberapa anggota Komisi V DPR menyoroti kondisi jalan tol yang mudah sekali rusak dan banyak lubangnya, salah satunya Tamanuri. Ia mengatakan, sering kali ruas jalan yang baru direnovasi tiga bulan setelahnya rusak kembali.

”Apakah konstruksinya tidak bagus atau pengawasannya yang tidak baik. Saya khawatir apakah 15 hari lagi selesai atau tidak. Kalau tidak akan kacau,” ujarnya. Ia pun meminta Kementerian PUPR dapat segera menyelesaikan pekerjaan ruas jalan yang rusak tersebut.

Basuki menyebutkan, kinerja jalan tol dalam rangka mudik khususnya jalur Tol Cipali merupakan tanggung jawab PT Waskita Karya. ”Saya minta dengan sangat sebelum H-7 selesaikan semua lubang-lubangnya,” ujar Basuki.

Selain menyiapkan jalan tol, PUPR juga menyiapkan tambahan fasilitas toilet umum di tempat peristirahatan atau rest area. Jumlah toilet eksisting pada rest area jalan tol 2022 sebanyak 6.175 unit dengan toilet tambahan sebanyak 2.833 unit. Saat ini terdapat 9.008 toilet yang akan tersebar di 117 rest area.

”Semoga ini meningkatkan layanan pemudik nantinya. Yang ada di Jawa dan Sumatera, di Jawa 97 tempat istirahat, sedangkan di Sumatera 27 tempat istirahat di tipe A, tipe B, dan tipe C,” kata Basuki.

Antisipasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, tahun ini Kemenhub menambah lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan. Budi menjelaskan, penambahan dermaga tersebut akan mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak yang kini jumlahnya sebanyak tujuh dermaga. ”Insya Allah VC ratio jalan itu tidak mencapai 0,46 sehingga tidak akan ada penumpukan di situ. Yang lalu terjadi penumpukan di situ,” ujar Budi.

Budi Karya berujar, Pelabuhan Ciwandan adalah salah satu jalur mudik yang memiliki tingkat penumpukan yang tinggi selain Tol Cipali. Selain Tol Cipali dan Pelabuhan Ciwandan, jalur mudik yang sering mengalami penumpukan adalah Pelabuhan Merak dan Bandara Soekarno-Hatta. ”Kami sudah melakukan rapat dengan ASDP, PUPR, Korlantas, dan pihak terkait untuk mengurai di titik-titik tersebut,” katanya.

Budi pun mengimbau masyarakat yang ingin mudik, tidak disarankan menggunakan motor. Ia menyarankan untuk menggunakan jalur darat dengan menggunakan kereta api ataupun jalur laut.

”Dengan kerendahan hati, kami mengimbau masyarakat tidak pulang dengan motor. Kami bersama BUMN, swasta menyediakan mudik gratis, tapi jumlahnya tidak mungkin menyediakan semuanya. Menurut kepolisian, risiko paling tinggi mudik menggunakan motor,” katanya.

Terdapat tiga program mudik gratis yang disediakan oleh Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perkeretaapian, dan Ditjen Perhubungan Laut. Total kapasitas mudik gratis yang disediakan sebanyak 80.792 penumpang dan 16.340 sepeda motor.

Mudik gratis yang disiapkan Kementerian Perhubungan pada Lebaran 2023.

MIS FRANSISKA DEWI

 

  Kembali ke sebelumnya