Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Insiden Terjun Payung, Seorang Prajurit Elite TNI AU Gugur
Tanggal 05 April 2023
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi I
Isi Artikel

Pasukan elite TNI AU kehilangan salah satu prajuritnya, Sersan Satu Agung Dwano Karisma, dalam latihan jelang peringatan HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Sersan Satu Agung Dwano Karisma, prajurit elite TNI Angkatan Udara Komando Pasukan Gerak Cepat atau Kopasgat, gugur saat latihan geladi kotor kedua di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (5/4/2023). Agung gugur akibat kecelakaan saat sesi latihan terjun boogie untuk peringatan ulang tahun ke-77 TNI AU yang akan diselenggarakan pada 9 April.

Setelah insiden terjun payung, Agung dibawa ke Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Esnawan, Jakarta, dan menerima pertolongan medis. Namun, Agung tidak dapat diselamatkan dan TNI AU sedang menyelidiki penyebab pasti insiden tersebut.

”Kini, jenazah telah diterbangkan menggunakan pesawat CN-235 TNI AU ke Lanud Husein Sastranegara untuk dimakamkan di Soreang, Bandung,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah saat dihubungi di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Jenazah Agung dilepas dengan upacara militer yang dipimpin Komandan Kopasgat Marsekal Muda Wahyu Hidayat. Dalam kesempatan itu, Wahyu juga menyampaikan dukacita atas musibah tersebut.

Sehari sebelumnya, Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo meminta semua prajurit yang terlibat dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU untuk menampilkan performa terbaik. Penampilan mereka merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada masyarakat dan bangsa.

”Tunjukkan yang terbaik untuk TNI AU sebagai bentuk pertanggungjawaban kita kepada rakyat dan bangsa. Karena itu, saya menuntut profesionalisme kalian,” ujar Fadjar kepada para prajurit seperti dikutip dari keterangan resminya.

Peringatan ulang tahun TNI AU menjadi momentum untuk saling berinteraksi dan mempererat tali silaturahmi antarprajurit. Dalam kesempatan itu, Fadjar juga sempat meminta seluruh personel untuk mengetahui batasan masing-masing dan tidak terlalu percaya diri selama latihan.

Menurut rencana, dalam peringatan HUT TNI AU ke-77 pada 9 April 2023 akan melibatkan unsur pesawat tempur, transpor, maupun helikopter dengan jumlah 89 pesawat berbagai tipe. Untuk pesawat tempur terdiri dari 18 F-16, 4 Sukhoi SU-27/30, 9 EMB-314 Super Tucano, dan 5 T-50i Golden Eagle.

Baca Juga: HUT Ke-77 TNI dan Perang Modern

Selain itu, untuk pesawat transpor terdiri dari sembilan C-130 Hercules, lima CN-295/235, lima C-212, tiga Boeing 737, dua Falcon 7X/8X, tiga Cessna-172, enam Paramotor dan dua Trike. Untuk unsur helikopter melibatkan enam EC-120 B Colibry, dua unit NAS-332, dua unit EC-725 Caracal, dan satu unit AS-365. Ada juga tujuh pesawat aerobatik jenis KT-1B yang terlibat.

Adapun personel yang terlibat berjumlah 3.693 orang. Jumlah ini di antaranya sebanyak 1.070 pilot serta kru darat (ground crew) dalam demo udara, 397 prajurit demo darat, dan 2.227 prajurit upacara.

  Kembali ke sebelumnya