Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Presiden Jokowi Menutup Kunjungan Kerja di Malaysia dengan Bertemu Raja
Tanggal 09 Juni 2023
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi I
Isi Artikel

Presiden Jokowi mengakhiri kunjungan kerja di Malaysia dengan bertemu Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong Al-Sultan Abdullah. Setelah itu, Presiden dan Nyonya Iriana kembali ke Tanah Air.

JAKARTA, KOMPAS — Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu dengan Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong Al-Sultan Abdullah dan Permaisuri Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. Pertemuan ini menjadi agenda terakhir kunjungan kerja Presiden Jokowi di Malaysia.

Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana diterima di Istana Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/6/2023) sore. Sultan Abdullah dan Permaisuri langsung menyambut Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana saat datang. Mereka kemudian berfoto bersama. Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana juga menandatangani buku tamu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana juga berfoto bersama keluarga kerajaan.

Setelah itu, Presiden dan Sultan Abdullah menggelar pertemuan selama satu jam. ”Presiden hanya berkunjung kepada Raja Malaysia,” ujar Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Bey Machmudin.

Sultan Abdullah sebelumnya melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Waktu itu, Presiden Jokowi menyambutnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 27 Agustus 2019.

Pasar

Dalam kunjungan kerja ke Malaysia ini, selain melangsungkan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Jokowi juga menyambangi Pasar Chow Kit, Kuala Lumpur. Keduanya berjalan menyusuri pasar setelah mengadakan pertemuan di Seri Perdana, Putrajaya.

Saat mengunjungi pasar, Presiden Jokowi tampil santai dengan berkemeja putih yang lengannya digulung, sementara PM Anwar berkemeja biru muda. Masyarakat pun antusias menyambut kedatangan kedua pemimpin, apalagi banyak pedagang yang berasal dari Indonesia. ”Pak Jokowi, Pak Jokowi,” teriak para pedagang.

Presiden Jokowi dan PM Anwar pun membalas sapaan masyarakat dengan lambaian tangan dan senyuman. Selama hampir 45 menit di pasar, Presiden Jokowi berdialog dengan pedagang. Presiden menanyakan harga-harga beberapa sayuran dan juga durian. Presiden juga berswafoto dengan para pedagang.

Dari pasar, PM Anwar mengajak Presiden Jokowi singgah di kedai yang terletak 200 meter dari ujung pasar. Presiden Jokowi dan PM Anwar bersama Menteri Luar Negeri Retno KP Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan juga menteri dari Malaysia menikmati kopi bersama. PM Anwar pun sempat berseloroh, ”Pak Jokowi ini terus ke lapangan, enggak capek-capek.”

Tak lama di kedai ini, Presiden Jokowi, PM Anwar, dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju rumah makan yang berada di Kampung Bharu, Kuala Lumpur. Pada jamuan makan siang, Nyonya Iriana dan Dato’ Seri Wan Azizah yang baru berkeliling Danau Putrajaya menggunakan kapal pesiar Cruise Kelah ikut bergabung.

Setelah jamuan makan selesai, PM Anwar dan istri mengantarkan Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana kembali ke hotel tempatnya menginap.

Tiba di Jakarta

Lepas pertemuan dengan Raja Malaysia, Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana langsung menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk melanjutkan penerbangan menuju Jakarta.

Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Seri Diraja Zambry Abdul Kadir dan Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono melepas kepulangan Presiden dan Nyonya Iriana. Presiden dan Nyonya Iriana pun tiba di Jakarta pada Kamis petang.

  Kembali ke sebelumnya