Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Tol Cinere-Jagorawi Sepanjang 14,64 Kilometer Selesai Dibangun
Tanggal 19 Nopember 2023
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi V
Isi Artikel

Jalan Tol Cinere-Jagorawi selesai dibangun. Jalan ini akan terhubung dengan berbagai jalan tol lingkar luar dan dalam untuk mendukung konektivitas di Jabodetabek.

Oleh BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA

JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT telah menyelesaikan pembangunan ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang memiliki panjang 14,64 kilometer. Jalan tol yang dikenal sebagai Tol Cijago ini merupakan bagian dari jaringan tol lingkar dalam kota dan luar Jakarta 2 atau Jakarta Outer Ring Road 2 dan diharapkan bisa meningkatkan konvektivitas di Jabodetabek dan mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini diharapkan meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

”Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” ujar Basuki, Sabtu (18/11/2023).

Pembangunan Tol Cijago dilaksanakan Kementerian PUPR bersama BUJT PT Translingkar Kita Jaya secara bertahap dalam tiga seksi. Seksi pertama adalah Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 kilometer dan telah beroperasi 2012. Adapun seksi kedua adalah Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 km yang beroperasi pada November 2019.

Seksi tiga dibagi jadi dua, yakni 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,5 km yang telah beroperasi akhir 2022 dan seksi 3B (Junction Krukut-Limo) sepanjang 2,19 km yang telah lulus uji laik fungsi dan mendapat Sertifikat Laik Operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga. Selain itu, seksi 3B juga telah mendapatkan surat keputusan (SK) penetapan operasi berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1402/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B per 2 Oktober 2023.

Konektivitas

Dengan selesainya konstruksi Tol Cijago Seksi 3B, seluruh ruas Tol Cinere-Jagorawi telah tersambung. Dengan demikian, jalan ini akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR-I) dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol.

Jalan Tol Cijago menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang berpotongan pada Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung untuk di sisi timur. Selanjutnya di barat terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan (Jalan Tol Depok–Antasari yang berpotongan pada Junction Krukut) serta menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran-Bandara Soekarno Hatta.

Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya Alfiandra menyatakan, Tol Cijago mempunyai posisi strategis menghubungkan wilayah barat dan timur dari jaringan tol JORR 2.

”Untuk jaringan jalan tol, Cijago menghubungkan beberapa jalan tol. Di timur menghubungkan Tol Jagorawi dan Tol Cimanggis-Cibitung, di barat menghubungkan Tol Cinere-Jagorawi menuju Blok M ataupun Sawangan arah Bogor dan menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran, dan Kunciran-Bandara Soekarno-Hatta. Apabila seksi 3B sudah beroperasi, semua bisa terkoneksi,” ujarnya.

Ditambahkan Deputi Pimpinan Proyek PT Translingkar Kita Jaya, Dekstia, Tol Cijago akan memudahkan akses warga Depok yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta ataupun sebaliknya karena terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

”Masyarakat pasti akan sangat merasa terbantu dari sisi waktu. Kemarin kami uji coba dari Gerbang Tol Limo sampai Bandara Soekarno-Hatta itu cuma 18 menit. Pulangnya kita coba lewat Tol JORR 1 dan butuh waktu sekitar satu jam. Jadi dampaknya dari sisi waktu sangat efisien,” ujar Dekstia.

Keberadaan Tol Cinere-Jagorawi diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok. Sebagai informasi, gerbang tol di Seksi 3B Tol Cijago juga dilengkapi dengan sistem automatic vehicle classification (AVC) untuk mendeteksi golongan kendaraan secara otomatis. Alat ini berada di depan gardu jalur multikendaraan.

  Kembali ke sebelumnya