Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Prabowo Bidik Tokoh Populer untuk Pilkada, Ada Bobby hingga Ridwan Kamil
Tanggal 12 Mei 2024
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi II
Isi Artikel

Prabowo mempertimbangkan sejumlah tokoh populer untuk diusung di pilkada, di antaranya Ridwan Kamil dan Bobby Nasution.

JAKARTA, KOMPAS — Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tengah membidik sejumlah nama untuk diajukan sebagai calon kepala daerah dalam Pilkada 2024. Nama-nama populer seperti menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, serta mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah dipertimbangkan untuk diajukan sebagai calon kepala daerah dari Partai Gerindra.

”Pak Prabowo sedang membidik berbagai macam tokoh pemimpin masa depan yang bisa berpotensi untuk menjadi calon di pilkada, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa,” kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (12/5/2024).

Sejauh ini, lanjut Muzani, Partai Gerindra bakal mengusung kadernya, Rahmat Mirzani Djausal, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Lampung, untuk menjadi bakal calon gubernur dalam Pilkada Lampung. Mirzani juga telah mengikuti penjaringan calon dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasdem.

Baca juga: Musim Perjodohan Kandidat Pilkada

Kurator IKN, Ridwan Kamil, memberikan keterangan pers seusai rapat internal yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/12/2023).

KOMPAS/MAWAR KUSUMA WULAN

Kurator IKN, Ridwan Kamil, memberikan keterangan pers seusai rapat internal yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Di Jawa Timur, Gerindra telah sepakat untuk mendukung petahana, Khofifah Indar Parawansa, untuk maju kembali sebagai calon gubernur Jatim. Kemungkinan besar, Gerindra akan mengusung Khofifah bersama Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat yang juga sudah menyatakan dukungan kepada Khofifah.

Tak hanya itu, Gerindra juga tengah membidik Ridwan Kamil untuk dapat diusung menjadi bakal calon gubernur Jawa Barat. Namun, saat ini Gerindra masih membahas bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil. ”Ya, arahnya sudah cukup (untuk RK), tetapi ada beberapa pilihan untuk wakil dan seterusnya. Jadi, saya kira itu yang sedang dipikirkan sebentar oleh Pak Prabowo,” terangnya.

Pak Prabowo sedang membidik berbagai macam tokoh pemimpin masa depan yang bisa berpotensi untuk menjadi calon di pilkada, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa.

Menantu Presiden, Bobby Nasution, juga menjadi pertimbangan untuk diusung sebagai bakal calon gubernur Sumatera Utara. Saat ini, Bobby telah mengantongi tiket dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada Sumatera Utara.

”Sementara untuk Jakarta, kami perlu waktu sedikit untuk mengambil kesimpulan siapa yang akan kami ajukan,” kata Muzani.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan sudah ada empat nama yang bakal dicalonkan dalam Pilkada Jakarta. Keempat nama itu adalah Ahmad Riza Patria, Rany Maulani yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, serta dua kemenakan Prabowo, Rahayu Saraswati dan Budisatrio Djiwandono.

Juru Bicara Pemenangan Pemilu sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono, meninggalkan rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto seusai acara perayaan HUT Ke-16 Partai Gerindra di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Juru Bicara Pemenangan Pemilu sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono, meninggalkan rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto seusai acara perayaan HUT Ke-16 Partai Gerindra di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Meskipun demikian, Gerindra masih membuka peluang bagi tokoh lain, baik dari internal maupun eksternal partai, untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta. ”Gerindra banyak kader, bukan cuma empat yang saya sampaikan. Banyak yang siap untuk menjadi gubernur ataupun wakil gubernur,” ucap Riza.

Baca juga:

Jelang Pilgub, Bobby Mulai Pasang ”Kaki” di Sejumlah Daerah di Sumatera Utara

Optimistis Menang, DPD Golkar Jabar Usung Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur

 
  Kembali ke sebelumnya