Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Tol Bocimi Km 64 Longsor di Sukabumi, Satu Mobil Diinformasikan Terperosok
Tanggal 04 April 2024
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi V
Isi Artikel

Tol Bocimi longsor di KM 64. Kendaraan dari arah Jakarta ke Sukabumi dialihkan keluar dari Cogombong.

Oleh NIKSON SINAGA

JAKARTA, KOMPAS – Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi mengalami longsor atau ambles di Kilometer 64+600 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada arus mudik hari pertama, Rabu (3/4/2024) malam. Untuk menghindari jalan longsor, pengendara dari arah Jakarta atau Bogor diminta keluar dari Gerbang Tol Cigombong. Ruas tol dari Cigombong hingga Gerbang Tol Parungkuda Ditutup.

“Jalur Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) saat ini ada penanganan jalur longsor. Untuk informasi sementara, pengendara dari arah Jakarta tujuan ke Gerbang Tol Parangkuda dialihkan keluar dari Gerbang Tol Cigombong,” kata Riko, petugas Jasa Marga Traffic Information Center yang dihubungi Kompas, Kamis (4/4/2024).

Riko mengatakan, saat ini petugas sedang menangani longsor sehingga Gerbang Tol Parangkuda ditutup untuk sementara waktu. Jalan tol yang longsor adalah sisi dari arah Jakarta menuju Sukabumi. Sementara, jalur dari arah sebaliknya tidak mengalami longsor.

Meski demikian, pengendara dari arah Sukabumi ke Jakarta tetap tidak bisa masuk dari Gerbang Tol Parungkuda. Pengendara yang hendak melintas ke arah Bogor atau Jakarta tetap dialihkan ke jalan arteri dan masuk tol melalui Gerbang Tol Cigombong.

“Laporan yang kami terima pengendara dari arah Sukabumi menuju Bogor tetap ada pengalihan. Menurut informasi untuk pengamanan saja,” kata Riko.

Riko menyebut, mereka belum tahu sampai kapan jalan tol itu bisa diperbaiki dan dilewati lagi. Jasa Marga Traffic Information Center belum mendapat informasi lebih lanjut.

Tol Bocimi yang sudah dioperasikan saat ini adalah Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer dan Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer. Tol longsor tersebut yang berada di Seksi 2 tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebut, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada arus mudik Lebaran 2024 ini. “Bocimi nanti sudah bisa sampai ke Sukabumi Barat,” kata Basuki, Rabu (13/3/2024), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas, satu buah mobil ikut terperosok karena longsor di Tol Bocimi tersebut. Kompas mencoba menghubungi Kepolisian Resor Sukabumi, tetapi belum tersambung. Kompas juga akan melihat kondisi di lapangan tentang longsor tersebut.

  Kembali ke sebelumnya