Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Belum Setahun Diresmikan Presiden, Jalan Tol Bocimi Ambles, Dua Terluka
Tanggal 04 April 2024
Surat Kabar Kompas
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi V
Isi Artikel

Jalan Tol Bocimi Seksi 2 yang baru diresmikan Presiden Jokowi delapan bulan lalu ambles. Dua orang terluka.

Oleh FABIO MARIA LOPES COSTA

BANDUNG, KOMPAS — Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi longsor di Kilometer 64+600 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada arus mudik hari pertama, Rabu (3/4/2024) malam. Akibat peristiwa ini, sebuah mobil yang ditumpangi dua penumpang terperosok ke dalam jurang.

”Peristiwa longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Km 64 terjadi sekitar pukul 20.00. Longsor mengakibatkan satu mobil terperosok ke dalam jurang sedalam 15 meter,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Jules Abast di Bandung, Kamis (4/4/2024).

Sopir dan satu penumpang mobil tersebut terluka dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Sekarwangi di Sukabumi. Sementara pihak pengelola jalan tol sedang berupaya mengevakuasi mobil yang terperosok ke jurang.

Longsor terjadi dari pinggir hingga bagian tengah ruas jalan. Untuk sementara, jalan tol di ruas itu ditutup dan tidak bisa dilalui arus mudik.

Adapun Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi telah melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi yang terdampak. Upaya ini untuk mencegah kemacetan di Tol Bocimi Seksi 2.

”Kendaraan dari arah Bogor akan keluar dari Gerbang Tol Cigombong, sedangkan kendaraan dari Sukabumi tidak masuk Gerbang Tol Parung Kuda dan melewati jalan arteri hingga masuk Tol Cigombong,” kata Jules.

Diketahui, Tol Bocimi yang sudah dioperasikan saat ini adalah Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer dan Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer. Ruas tol yang longsor tersebut berada di seksi 2 tersebut.

Ruas Tol Bocimi Seksi 2 yang terdampak longsor baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada 4 Agustus 2023. Saat peresmian, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

”Alhamdulillah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan,” kata Presiden Jokowi dalam peresmian.

Presiden pun mengungkapkan, dengan adanya ruas tol baru ini, perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi hanya memakan waktu 2,5 jam. Sebelumnya, perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi memakan waktu 5 jam dan bahkan bisa sampai 6 jam.

”Jalan tol ini mempermudah akses menuju sejumlah tempat wisata di sekitar Sukabumi, di antaranya Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Ujung Genteng, hingga Gunung Gede,” ungkap Presiden.

  Kembali ke sebelumnya