Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul DPR RI Tekankan Pentingnya Penghapusan Stigma Negatif bagi Pasien TB
Tanggal 20 Agustus 2024
Surat Kabar Media Indonesia
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi IX
Isi Artikel

ANGGOTA Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan selain upaya percepatan eliminasi Tuberkulosis atau TB di Indonesia, penting untuk menghapus stigma negatif yang melekat pada TB. Stigma ini, ujar Putih, sering kali menjadi penghalang utama bagi orang dengan TB untuk mendapatkan perawatan. Ia mendorong kelompok rentan terhadap TB memperoleh dukungan positif agar segera pulih. Oleh karena itu, parlemen berusaha mendapatkan mendapatkan dukungan penuh dari dunia internasional untuk memerangi TB.

“Sampai sekarang, Global TB Caucus telah meluncurkan 60 Kaukus TB Nasional di seluruh dunia dan lebih dari 2.500 anggota parlemen dari 150 negara telah bergabung dalam jaringan kami,” tuturnya, yang juga selaku Co-Chair of Asia Pacific TB Caucus.

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu juga menjelaskan bahwa Kaukus TB DPR Rl akan menjadi bagian dari jejaring internasional anggota parlemen yang tergabung dalam Global TB Caucus untuk memperkuat komitmen politik lintas wilayah geografis.

“Kaukus TB DPR RI berpeluang untuk meningkatkan efektivitas kebijakan, memperkuat pengawasan, dan memastikan langkah dari program eliminasi TB mendapatkan sumber daya yang memadai,” ungkapnya.

Co-Chair of Asia Pacific TBC Caucus Warren Entsch berharap peluncuran kaukus ini menjadi pencapaian besar bagi Indonesia untuk memerangi TB serta melindungi generasi mendatang dari penularan TB.

“Kaukus hanyalah sebuah platform, yang penting adalah apa yang Anda lakukan dengan platform itu. Bagaimana Anda menggunakan suara Anda untuk berbicara bagi mereka yang tidak memiliki suara untuk ambil tindakan yang mendukung yang sangat membutuhkan dukungan,” tandasnya. 

 

Berdasarkan data WHO Global TB Report 2023, ada 10,6 juta orang di dunia yang jatuh sakit karena TBC. Selain itu, kasus meninggal dunia akibat TB mencapai 1,3 juta orang. Sementara itu, penyakit TB juga masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia. Berangkat dari peristiwa ini, Indonesia menjadi satu negara dari delapan negara yang menyumbang dua pertiga kasus TB global.

Data SITB mencatat Peningkatan penemuan kasus TB tersebut mencapai 820.789 kasus pada 2023, lebih tinggi jika dibandingkan dengan temuan 724.329 kasus pada 2022. Sedangkan notifikasi kasus TB di Indonesia pada 2024 per Juni 2024 sebanyak 282.281 kasus atau 26% dari estimasi yang harus ditemukan. Namun, hingga triwulan II 2024, belum semua kasus Tb yang ditemukan telah melakukan pengobatan.

Oleh sebab itu, akselerasi pemberantasan TB menjadi salah satu prioritas utama bagi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia. Pemerintah juga menargetkan penurunan kejadian TB menjadi 65 orang per 100.000 penduduk pada tahun 2030. (H-3)

  Kembali ke sebelumnya