Selamat datang di website E-PAPER PERPUSTAKAAN DPRRI.

Koleksi Perpustakaan DPR RI

Judul Tol Trans Sumatera Tersambung dari Lampung-Aceh 2029
Tanggal 07 Oktober 2024
Surat Kabar Detik.com
Halaman -
Kata Kunci
AKD - Komisi V
Isi Artikel

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan seluruh Tol Trans Sumatera tahap I sepanjang 972 kilometer (km) rampung tahun ini. Tol ini diharapkan mampu memperkuat konektivitas transportasi darat di wilayah Sumatera.

Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk merampungkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.994 kilometer (km). Proyek ini akan menjadi salah satu prioritas di era pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, JTTS akan menjadi proyek prioritas dalam 5 tahun ke depan. Dengan demikian, nantinya tol yang membentang dari Aceh hingga Lampung itu terhubung sepenuhnya di 2029.

"Kita harus menyelesaikan lima tahun depan itu nyambung Trans Sumatera. Itu target utama. Kita sudah rekomendasikan keberlanjutan pembangunan infrastruktur PUPR, salah satunya tol, itu harus insyaallah bisa menyambungkan Tol Trans Sumatera," kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, ditulis Minggu (6/10/2024).

Basuki mengatakan, pembangunan JTTS menyisakan tidak terlalu banyak ruas tol untuk dituntaskan. Bahkan sebelum akhir masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), masih ada ruas lagi yang akan diresmikan.

Setidaknya akan ada dua ruas JTTS yang akan diresmikan, antara lain ruas Tempino-Bayung Lencir yang terletak di Jambi, serta ruas Tol indrapura-Kisaran di Sumatera Utara.

"Hari ini sejujurnya sudah bisa diresmikan yang Tempino-Bayung Lencir, Jambi, ada 23 km. Di Kisaran juga sudah, ya. Jadi tinggal beberapa yang masih panjang, tapi tidak terlalu banyak," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, pembangunan JTTS telah berlangsung sejak 2015. Aebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target besar untuk menyambungkan Tol Trans Sumatera yakni hingga 1.100 kilometer (km) tol yang tersambung tahun ini.

"Jalan tol ini jadi bagian Trans Sumatera sepanjang 2.994 kilometer, dan kita harapkan sampai akhir tahun tol Sumatera sudah tembus di 1.100 kilometer," beber Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Selasa (10/9/2024).

Dari total 24 tol yang masuk dalam megaproyek ini ditargetkan untuk selesai dalam empat tahap. Dari semua tol yang ada, sekitar 16 ruas di antaranya ditargetkan akan selesai pada akhir 2024. Tepatnya, seluruh 14 tol yang ada pada pembangunan tahap I dan dua ruas yang ada di tahap II.
 

  Kembali ke sebelumnya