KOMISI VII DPR RI berharap Industri Kecil Menengah (IKM) terus dibantu pemerintah dalam menghadapi tantangan besar pandemi Covid-19. Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menilai sektor IKM berkontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.
Sugeng menyampaikan hal ini saat RDP dengan Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), Kementerian Perindustrian di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (30/1/2022).

Dalam rapat tersebut, Komisi VII DPR ingin mendalami produktivitas IKM selama ini, terutama setelah dihantam pandemi selama dua tahun. “Komisi VII DPR RI berharap kepada Kementerian Perindustrian khususnya Direktorat IKM untuk membantu para pelaku IKM dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Kami berharap IKM mampu tumbuh dan berkembang serta berkontribusi lebih untuk perekonomian nasional yang selama ini berlangsung," ujar Sugeng. Menurut Sugeng, sektor IKM telah membuktikan memberi kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Hal tu terlihat dari unit usaha dan penyerapan tenaga kerja yang masif di Tanah Air. Apalagi, di dunia perbankan, sektor ini menunjukkan hal positif. Angka kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) yang rendah dibandingkan debitur lain. “IKM menunjukkan kinerja baik dari sisi perbankan. Ini perlu mendapat aprsiasi, karen kredit macetnya lebih kecil daripada yang lain," sebut politikus Partai NasDem ini. (RO/OL-09)