Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Konsumen nampak makin yakin dengan kondisi perekonomian saat ini. Ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini Agustus 2022 yang sebesar 11,7 atau lebih tinggi dibandingkan 110,9 pada bulan Juli 2022. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengungkapkan, peningkatan IKE saat ini didorong oleh peningkatan seluruh komponennya, terutama keyakinan masyarakat akan kondisi penghasilan saat ini. 

"Kenaikan IKE Agustus 2022 didorong oleh meningkatnya seluruh komponen pembentuknya, tertinggi pada Indeks Penghasilan Saat Ini yang meningkat sebesar 1,6 poin," tulis Erwin dalam laporan Survei Konsumen BI, Kamis (8/9).

Erwin pun memerinci, Indeks Penghasilan Saat Ini tercatat sebesar 119,8. Meningkatnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini terindikasi pada sebagian besar kategori pengeluaran, dengan kenaikan tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta. 

Sedangkan dari sisi usia, optimisme konsumen terhadap peningkatan penghasilan juga tercatat pada sebagian besar kategori usia responden, terutama pada kelompok usia responden di kisaran 31 tahun hingga 40 tahun. 

Seiring dengan meningkatnya keyakinan konsumen terhadap peningkatan penghasilan, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) juga meningkat. Ini nampak dari indeksnya yang sebesar 103,1 atau meningkat dari 102,8. 

Kenaikan indeks pembelian barang tahan lama terjadi pada sebagian tingkat pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan. Dari kategori usia responden, peningkatan terutama terlihat pada rentang usia 20 tahun hingga 30 tahun. 

Seiring dengan itu, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini juga terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Ini terlihat dari indeks yang sebesar 112,2 atau naik dari 111,9. 

Kenaikan indeks terjadi pada sebagian kategori pendidikan, terutama pada responden dengan pendidikan pasca sarjana. Sedangkan berdasarkan kelompok usia, kenaikan tertinggi ada pada kelompok usia 31 tahun hingga 40 tahun.