Sejumlah personel TNI berusaha mendekati masyarakat Papua dengan berbagai tindakan humanis. Apa saja aktivitas itu?

 

Berbagai satuan TNI yang bertugas di Papua berusaha dengan berbagai cara merebut hati masyarakat Papua. Selain menjaga keamanan, mereka juga ikut bertani dan melakukan pelayanan kesehatan.

Di Pegunungan Bintang, Papua, Satgas Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya (TWEJ) bersama aparat teritorial dan polsek setempat turut menghadiri sekaligus mengamankan jalannya rapat kerja I Ikatan Keluarga Okbi di Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (4/1/2023). Danpos Okbibab Satgas Yonif 143/TWEJ Letnan Dua (Inf) Briant Purba Wisesa mengatakan, kegiatan itu adalah agenda musyawarah pertama warga yang membahas rencana dan langkah-langkah kebijakan untuk kemajuan pembangunan Distrik Okbibab di wilayah perbatasan Papua.

Aparat kampung, TNI, dan Polri dapat duduk bersama guna membahas strategi dan kebijakan untuk kemajuan Distrik Okbibab. Briant mengatakan, ia bangga dan berterima kasih bisa ikut dalam rapat dan silaturahmi ini. Ia berharap kegiatan ini bisa mempererat sinergi dan kedekatan aparat dan masyarakat. Sementara Agustinus Sitokdana, anggota Komisi C DPRD Pegunungan Bintang, mengucapkan terima kasih atas keamanan di wilayah itu.

Di Nduga, Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad ikut panen jagung yang bibit jagungnya mereka berikan di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Danpos Napua Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letnan Satu (Inf) Mulyana mengatakan bahwa dalam upaya mengatasi kesulitan masyarakat di bidang ketahanan pangan, anggota Pos Satgas berinisiatif membagikan bibit jagung dan membuat kebun di lahan kosong seputaran Pos.

”Hasil panen sebagian besar diberikan untuk masyarakat sehingga masyarakat memiliki kesadaran untuk memanfatkan lahan kosong agar bisa menjadi mata pencarian masayarakat atau dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” kata Mulyana.

Di Tolikara, Satgas Yonif Raider 142/KJ berkeliling kampung memberikan bantuan kesehatan. Mereka berkunjung ke rumah-rumah masyarakat di kampung Irian, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (4/1). Di sela-sela kunjungan itu, anggota TNI melakukan pemeriksaan kesehatan.

Komandan Pos Karubaga Kapten (Inf) Yulian Timur mengatakan, demi menjaga suasana kondusif setelah momen pergantian tahun, pihaknya berkeliling kampung tepatnya di kampung Irian. ”Saat kita berhenti di salah satu tempat di mana warga sedang berkumpul, mereka meminta kita untuk melakukan kegiatan sejenis bakti sosial dadakan, yaitu pemeriksaan kesehatan di tempat kepada masyarakat,” ujar Yulian.

Masyarakat lalu menyiapkan meja dan kursi. Tidak berapa lama, penduduk seantero desa datang. Anggota satgas lalu melakukan pemeriksaan kesehatan mulai dari anak-anak hingga lansia. ”Untuk anak-anak rata-rata kita berikan vitamin dan dari sekian warga yang kita lakukan pemeriksaan tidak ditemukan sakit yang menonjol dan semuanya bisa ditangani oleh tenaga kesehatan kami,” tutup Yulian.