Sebanyak 130 pengusaha asal Singapura diyakinkan berinvestasi di IKN. Setelah kunjungan ini, Presiden Joko Widodo direncanakan berpidato di depan para pengusaha di Singapura.

Oleh SUCIPTO

PENAJAM, KOMPAS — Pemerintah Indonesia mengajak sejumlah pejabat dan 130 pengusaha asal Singapura melihat langsung pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN pada Rabu (31/5/2023). Kunjungan bersama ini dilakukan untuk lebih meyakinkan calon investor berinvestasi di ibu kota baru.

Delegasi dari Singapura dan para pengusaha tersebut dipandu langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Ketua Satuan Tugas Khusus Percepatan Investasi di IKN Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain dihadiri para pengusaha Singapura, turut hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo.

Hadir juga Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Rombongan tersebut mengunjungi tiga titik lokasi pembangunan IKN, yakni Titik Nol IKN, Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, dan kompleks Hunian Pekerja Konstruksi.

Kepada para pengusaha, Luhut mengatakan, IKN merupakan tempat strategis untuk berinvestasi. Sebab, undang-undang pemindahan IKN sudah ada dan proyek tersebut pasti dilaksanakan siapapun pemimpin negaranya.

Pemerintah, kata Luhut, menawarkan sembilan titik lokasi berinvestasi, yakni Wilayah Perencanaan (WP) 1 sampai WP 9 IKN. Para investor yang sudah mengutarakan ketertarikannya, kata Luhut, bergerak di sektor energi hijau, material gedung, infrastruktur, transportasi, kesehatan, dan pendidikan.

Untuk itu, saat ini pemerintah sedang menyelesaikan pembebasan tanah di beberapa titik IKN. "Semuanya terpadu dan kami sudah bekerja 2-3 minggu ini. Semua (pembebasan lahan) selesai 17 Juli. Semua harus dilakukan dengan data, dengan audit,” kata Luhut di sela-sela kunjungan.

Progres pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara pada Rabu (31/5/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat, total pembangunan ibu kota baru sudah 29 persen.

SUCIPTO

Progres pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara pada Rabu (31/5/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat, total pembangunan ibu kota baru sudah 29 persen.

Ia menjelaskan, setelah kunjungan ini akan ada dua pertemuan lagi dengan pengusaha di Singapura. Pada 5 Juni, Luhut diundang menjelaskan potensi dan peluang investasi IKN di dua forum di Singapura. Dua hari setelahnya, pada 7 Juli, Presiden Jokowi akan memberi pidato kepada pengusaha di Singapura.

Perjalanan yang diberi tajuk ”Singapore Mission to Nusantara” ini adalah tindak lanjut ”Leaders Retreat” antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang menyatakan dukungan Singapura terhadap pembangunan IKN pada Maret lalu.

Sebelumnya, Otorita IKN dan Center for Livable Cities (CLC), organisasi di bawah Kementerian Pembangunan Nasional Singapura, telah menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan kota layak huni di IKN pada 16 Maret 2023.

Kesepakatan ini meliputi langkah-langkah untuk memperkuat kolaborasi berbagi pengetahuan dan pengembangan kapasitas oleh CLC dalam mewujudkan kota layak huni di IKN.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng mengatakan, kunjungan langsung ini membawa para pengusaha untuk melihat langsung penerapan pembangunan ramah lingkungan IKN yang digaungkan pemerintah Indonesia. Hal tersebut, kata Kwok, merupakan langkah besar pembangunan sebuah kota dalam menghadapi perubahan iklim.

"Kunjungan ini diharapkan menumbuhkan ketertarikan para pengusaha untuk berbisnis dan berinvestasi di Indonesia. Bukan hanya bagi pengusaha dari Singapura, melainkan juga bagi ekosistem global pengusaha di Singapura,” kata Kwok.

Pemerintah Indonesia, delegasi Singapura, dan para pengusaha asal Singapura berfoto bersama di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Rabu (31/5/2023).

SUCIPTO

Pemerintah Indonesia, delegasi Singapura, dan para pengusaha asal Singapura berfoto bersama di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Rabu (31/5/2023).

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo menjelaskan, dua kali public expose mengenai IKN telah dilakukan di Singapura. Tommy, sapaan akrab Suryopratomo, mengatakan, beberapa pengusaha ingin lebih detail mengetahui peluang di IKN.

Sebab, IKN punya peluang strategis bagi para pengusaha. Proyek ini dikerjakan lebih dari 20 tahun dengan nilai total investasi yang dibutuhkan sekitar 32 miliar Dolar AS.

Tommy mengatakan, sudah ada 24 perusahaan asal Singapura yang tertarik berinvestasi di IKN. Masing-masing sudah mengajukan surat ketertarikan atau letter of intent (LoI) kepada pemerintah Indonesia. Tommy mengatakan, kunjungan ini sekaligus upaya agar ketertarikan itu berkembang menjadi langkah yang lebih nyata.

"Harapannya, LoI bisa menjadi nota kesepahaman (MoU), bahkan kesepakatan investasi. Mudah-mudahan ada kelanjutan,” kata Tommy.

Salah satu yang turut berkunjung dalam rombongan itu adalah CEO dan Co-founder Ion Mobility James Chan. Perusahaannya memproduksi motor listrik yang punya target pasar di Indonesia. Dari kunjungan ke IKN, ia tertarik memperluas pasar ke sekitar ibu kota baru.

"Bisa bermitra dengan pengusaha lokal ataupun cara lain,” katanya.

Pemandangan salah satu sudut hunian pekerja konstruksi di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Rabu (31/5/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat, total pembangunan ibu kota baru sudah 29 persen.

SUCIPTO

Pemandangan salah satu sudut hunian pekerja konstruksi di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Rabu (31/5/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat, total pembangunan ibu kota baru sudah 29 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, kunjungan langsung ke IKN bisa membuat calon investor melihat langsung keseriusan pemerintah Indonesia.

Saat ini, kata dia, progres pembangunan IKN sampai semester pertama 2023 ini sebanyak 36 paket sudah digarap dari 75 paket yang akan dikerjakan.

Sebanyak 39 paket lainnya akan dikerjakan mulai bulan Juli 2023. Ia optimistis pemerintah bisa menyelenggarakan upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

"Progres pembangunan IKN secara umum saat ini sekitar 29 persen,” kata Basuki.

Kunjungan langsung ke IKN ini adalah rangkaian kegiatan sejak sehari sebelumnya. Pada kegiatan sebelumnya, Kementerian PUPR dan Otorita IKN memberi penjelasan detail mengenai potensi investasi di ibu kota baru. Tanya jawab antara pemerintah dan pengusaha terjadi pada kegiatan tersebut.