JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin menegaskan bahwa sumpah dan janji yang diucapkan seluruh anggota DPR RI mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negara. Hal itu disampaikan Syarifuddin saat memandu pengucapan sumpah dan janji anggota DPR Periode 2024-2029 dalam pelantikan yang berlangsung pada Selasa (1/10/2024). “Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji, yang akan saudara-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara republik Indonesia,” ujar Syarifuddin di Gedung DPR RI, Selasa. Selain itu, sumpah dan janji yang diucapkan oleh anggota DPR RI terpilih ini juga mengandung tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai pancasila dan menjalankan konstitusi.

 

Dia berharap, seluruh anggota parlemen yang dilantik ini dapat memenuhi dan menjalankan sumpah dan janji yang mereka ucapkan karena mereka telah bersumpah terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kaum Intelektual Tidak Boleh Diam Artikel Kompas.id “Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 tahun 1945. Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran,” kata Syarifuddin. Setelah itu, Syarifuddin memandu para anggota untuk membacakan sumpah sesuai dengan kepercayaan agamanya masing-masing. Berikut isi sumpah yang dibacakan para anggota dewan: "Saya bersumpah... Saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan pedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. 

 

Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia." Usai pengucapan sumpah dan janji, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR secara simbolis yang disaksikan Ketua MA. Total ada 580 anggota DPR yang dilantik hari ini. Mereka berasal dari 8 partai politik yang perolehan suaranya melampaui ambang batas parlemen pada Pemilu 2024.