Jakarta -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Gudang Bulog Kampung Baru, Kabupaten Sumba Barat, untuk memastikan penyaluran bantuan beras. Jokowi juga akan menyampaikan aspirasi warga Sumba Barat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Ini yang Oktober yang diterima ya, nanti diterima lagi Desember," kata Jokowi dalam keterangannya dikutip dari presidenri.go.id, Kamis (3/10/2024).

"Nanti pemerintah baru, saya nanti bisikin ke Pak Prabowo, tapi usulannya dari Bapak/Ibu semuanya lho ya," ucapnya.

Jokowi memastikan bahwa stok pangan, khususnya beras, di Bulog masih terkendali. Stok pangan di gudang Bulog Sumba Barat, kata Jokowi, mencapai 1.000 ton dan dalam kondisi aman.

"Pasokan tidak ada masalah, tadi stok di sini kurang lebih hampir 1000 ton. Dilihat saja di dalam," tutur Jokowi.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan harga beras tetap stabil. Serta kebutuhan masyarakat akan beras dapat terpenuhi.

"Yang diharapkan itu bisa mengerem harga beras agar tidak bisa naik karena kita intervensi lewat bantuan pangan berupa beras," lanjutnya.

Menurut Jokowi, dengan bangunan yang hampir selesai, langkah berikutnya adalah memastikan fasilitas medis yang lengkap sehingga RSUD Waikabubak dapat berfungsi optimal dalam melayani masyarakat. Ia menilai gedung yang dibangun sudah memenuhi standar yang baik.

"Gedungnya mungkin akan selesai pada Desember nanti, tapi setelah itu yang paling penting adalah alat kesehatannya (alkes). CT scan, mamografi, cathlab, dan peralatan lain akan segera dikirim setelah gedungnya siap," ujar Jokowi.