JAKARTA, KOMPAS.com – Kejaksaan Agung memperkenalkan layanan konsultasi hukum online kepada warga Jakarta yang menghadiri Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/3024). Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (JAM-Datun) Narendra Jatna mengatakan, layanan konsultasi hukum yang diperkenalkan kepada warga Jakarta adalah "Halo JPN". "Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan platform konsultasi hukum secara daring sekaligus menyediakan layanan hukum langsung bagi masyarakat," kata Narendra mengutip keterangan resmi, Minggu (7/10/2024).

 

Dia bilang, pelayanan hukum oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Selain itu juga pelayanan hukum ini bertujuan memberikan akses terhadap hukum, mencegah pelanggaran hukum, serta menampung pengaduan terkait hukum perdata dan tata usaha negara.

 

Lewat kegiatan ini, Narendra yakin pihaknya mampu memperkuat fungsi Jaksa Pengacara Negara sebagai Advocaat General, dengan sosialisasi internal dan eksternal melalui diskusi kelompok terfokus (FGD) terkait peran Jaksa Agung sebagai Procureur General dan Solicitor General. "Pelaksanaan sosialisasi semacam ini perlu dilakukan secara berkala demi dampak positif yang lebih luas," tegas dia.