Presiden Jokowi memberikan keterangan usai BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Selasa, 8 Oktober 2024. TEMPO/Daniel A. Fajri

Iklan

TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo sudah mengemas sebagian barangnya di Istana Kepresidenan Jakarta dan Bogor. Dua belas hari sebelum lengser, Jokowi sudah mengirimkan sebagian benda-bendanya seperti buku dan foto kenangan ke Solo, kampung halamannya.

“Namanya kan pindah ya. Sudah mulai packing beliau,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada awak media di ruangan pers Istana Kepresidenan Jakarta di Selasa, 8 Oktober 2024. "Packing, pening kepala katanya."

Saat melihat Jokowi membereskan barangnya, Pratikno mengaku tergoda dengan koleksi batik Jokowi. Eks Rektor Universitas Gadjah Mada ini bergurau ingin memiliki batik Jokowi minimal satu.

“'Pak Presiden, itu koleksi bapak? Batik itu, kan, bagus-bagus'," kata Pratikno menirukan ucapannya ke Jokowi. Ia mengaku terkesan setiap kali melihat Presiden Joko Widodo mengenakan batik yang relatif beragam di setiap acara. 

Jokowi memang direncanakan akan pulang ke Solo setelah digantikan oleh Prabowo pada 20 Oktober 2024. Tiga narasumber di lingkaran dekat Istana bercerita, Jokowi semula akan menaiki pesawat ke Solo menggunakan maskapai penerbangan komersial pukul 15.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lewat seorang menteri, Jokowi semula telah memesan kursi di kelas ekonomi. Namun kemarin, Senin, 7 Oktober, rencana berubah. Seorang narasumber yang ikut mengatur perjalanan pulang Jokowi menyebut bekas Gubernur Jakarta itu akan menaiki pesawat non-komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Tiba di Solo, Jokowi akan disambut oleh para relawan yang mendukungnya sejak ia menjadi Wali Kota Solo. Jokowi telah bertemu dengan para relawannya di sebuah restoran di Jakarta, beberapa waktu lalu. Jokowi juga berencana berkeliling ke sejumlah daerah di Jawa Tengah. Salah satunya Wonogiri.

Iklan

 Scroll Untuk Melanjutkan 

Rencananya pada 20 Oktober, Jokowi akan terlebih dahulu menghadiri acara pelantikan Prabowo sebagai Presiden di Gedung DPR. Kemudian Istana akan menggelar prosesi sambut Prabowo dan pisah Jokowi di hari yang sama usai kegiatan di Senayan.

Jokowi tidak menjawab dengan lugas saat menerima pertanyaan dari awak media soal rencana-rencana lanjutan setelah lengser usai acara BNI Daily Summit di Jakarta Convention Center pada Selasa, 8 Oktober 2024. Pun soal kemungkinan ia berlibur bersama keluarganya.

Ketika ditanya rencana kepulangan Jokowi melalui pesawat komersial, Pratikno mengatakan bahwa Istana tengah mengaturnya. Ia menyebut rencana kepulangan Jokowi ke Solo melalui pesawat komersial sudah siap. “Nanti kita atur, jadi pokoknya komersil sudah siap,” kata Pratikno.