Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, memberikan sinyal mengenai salah satu menteri di kabinet Prabowo-Gibran mendatang. Dalam rapat bersama dengan Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di kompleks parlemen Senayan, ia menyinggung politikus Golkar Maman Abdurrahman sebagai calon Menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Menteri UMKM). 

"Ya tadi saya doakan Pak Maman, supaya bisa mengurus UMKM dengan baik yang berkaitan dengan motor listrik terutama," kata Dasco usai rapat itu, Rabu, 9 Oktober 2024. 

Ketika ditanya apakah hal tersebut permintaan Prabowo langsung, Dasco tak menjawab secara gamblang. "Itu nanti kita lihat dua minggu lagi," ujarnya.


Dalam rapat tersebut, Maman memberikan masukan mengenai aturan subsidi untuk motor listrik. Dia juga menyebut, UMKM perlu dilibatkan dalam hal ini. 

Dasco pun memberikan respons seolah sinyal bahwa Maman masuk dalam bursa kabinet Prabowo-Gibran. "Saya tadi enggak bilang namanya subsidi, tapi ambil dari Pak Menteri UMKM tadi, insentif, karena ini masukan dari calon menteri UMKM," kata Dasco di hadapan forum rapat.

Dia menyatakan, usulan insentif tersebut semata-mata untuk kepentingan rakyat dan kelancaran industri motor listrik di Indonesia. "Dan kebetulan nanti akan didukung oleh UMKM dalam hal pemenuhan syarat-syarat komponen lokal," kata Dasco.