Darurat Literasi Indonesia: Urgensi Reformulasi Sinergi dan Kolaborasi
Penulis
Dr. H. Abdul Fikri Faqih, MM.
Editor
Anna Kurniawati, S.IP., M.B.A.
Kontributor
TIM TENAGA AHLI DAN SEKRETARIAT KOMISI X DPR RI
Jumlah Halaman
93 halaman
ISBN
978-602-8722-60-5
Deskripsi Buku
Kondisi literasi di Indonesia saat ini dalam keadaan darurat. Hal tersebut
di antaranya
terlihat dari survei Program For International Student Assessment (PISA)
yang
memotret kemampuan membaca pelajar kita. Pada tahun 2018, skor
membaca
pelajar Indonesia berada pada angka 371, sementara rata-rata negara
OECD adalah
487 dan mengalami penurunan menjadi 359 pada survei yang sama di
tahun 2022.
Ikhtiar untuk memajukan literasi masih harus terus diupayakan, karena
literasi
merupakan kompetensi dasar yang diperlukan dalam menghadapi
perkembangan
zaman.
Buku ini menghimpun temuan dan catatan dari kerja pengawasan Komisi
X DPR RI
dalam Panja Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan. Sejumlah
fakta
mengenai potret literasi di Indonesia, kondisi perpustakaan, bahan
bacaan, hingga
soal kebijakan dan kewenangan dalam penyelenggaraan perpustakaan
merupakan
beberapa hal yang diungkap oleh buku ini. Persoalan-persoalan tersebut
tentu harus
dijawab. Pemerintah melalui beberapa kementerian/lembaga telah
berupaya untuk
meningkatkan literasi. Namun, sinergi dan kolaborasi rupanya masih perlu
untuk
direformulasi, agar kerja-kerja dalam meningkatkan literasi dapat
membuahkan hasil;
literasi Indonesia tidak lagi darurat.